tutorial : sepatu kurcaci

Standar

Beberapa Minggu lagi anak saya kebagian mentas di sekolah. Anak saya ditunjuk berperan sebagai kurcaci. Masing-masing emak ditugaskan sebagai penanggung jawab kostum untuk anaknya masing-masing. Nah Lo… Bingung dah saya 😁.

Lalu seperti biasanya kalo lagi bingung… Dimulai dari ngilmu dari google kemudian dilanjutkan dengan ngubek-ngubek rak sepatu, nyari-nyari sendal butut anak.

Dan mulailah saya membuat sepatu untuk kurcacinya terlebih dahulu. Saya menyiapkan beberapa bahan seperti kain flanel warna coklat, busa tipis, lem, benang wol, jarum, benang, dan tentu saja sendal butut anak saya.

Step by step membuat sepatu kurcaci :

1. Ukur lingkar keliling alas sol sandal. Hasil pengukuran kemudian dibagi 2. Contohnya hasil ukur sandal anak saya adalah 43cm. Maka ukuran yang digunakan untuk membuat polanya adalah 21,5cm 

2. Mulailah membuat pola. Yang terpenting adalah ukuran keliling alas sandal. Untuk bodi sepatu hanya asal saya reka-reka.

3. Potong pola. Untuk sebuah sepatu potong pola sebanyak 2 kali. 

4. Agar kokoh, lapisi kain flanel dengan busa tipis. Beri sedikit lem.

5. Rapikan tepinya, jangan sampai panjang busa melebihi kain flanel, agar tampak rapih. 

6. Mulai menyatukan bagian tumit. Jahit dengan feston. Saya memakai benang wol. 

7. Kemudian dilanjutkan dengan menyatu kan bagian depan yang meruncing. 

8. Jahit pula bagian bawah. Jahit terpisah.

9. Potong kelepak sepatu sesuai pola. Letakkan pola pada lipatan kain. 

Jadi pada bagian sisi belakangnya menyatu.

10. Pasangkan kelepak pada lubang pergelangan kaki. Lalu jahit sekelilingnya.

11. Pasangkan sandal pada bagian bawah. Lem bagian sol sandal lekatkan pada kain flanel.

12. Taraaa… Jadilah sepatu kurcacinya. 

Gampang kan prosesnya ?😉 Gak pake lamaaaaa… Fungsi utama dari sendal butut nya supaya si sepatu tetep enak dipakai dikaki.

Semoga tutonya bisa membantu emak-emak yang anaknya mau pentas juga, hehe… 

Karya teman-teman peserta BJOP

Standar

Postingan saya kali ini masih ada sangkut pautnya dengan kelas menjahit Online saya. Seperti yang saya janjikan, saya tak akan lupa untuk memposting karya teman-teman yang mengikuti kelas BJOP1 yang lalu.

Sebagain yang ikut merupakan pemula banget yang blm pernah menjahit. Adapula yang sudah sering menjahit tapi belum bisa membuat pola. Bahkan ada beberapa yang sukses menjahit bajunya dengan tangan. Sungguh luar biasa🙂

Berikut ini penampakannya. Beberapa saya sertakan pula capture kesan mereka ketika baru pertama kali berhasil membuat baju. Sayang kalo dibuang, kadang saya suka tersenyum senyum membacanya hehehe…

image

image

image

image

image

image

image

image

image

Itu baru sebagian. Yang lain masih proses, semoga tidak terhenti ditengah jalan. Belajar jahit mah gitu…. selain harus ada keinginan, juga harus ada sedikit paksaan hehehe…

Hari ini Kela BJOP1 tahap 2 memasuki hari kedua. Baru akan memulai membuat pola dasar. Semoga juga diberi kelancaran seperti kelas yang sebelumnya. Amiin…

BJOP2 : Belajar Menjahit Kemeja Pria Untuk Pemula

Standar

Belajar Jahit Online Pemula bagian 2 (BJOP2) ini merupakan request dari alumni BJOP1. Mereka menginginkan adanya kelas lanjutan dengan bahasan topik yang berbeda. Akhirnya pada BJOP2 ini saya putuskan untuk membahas tentang menjahit kemeja pria untuk pemula. Karena sepertinya banyak yang ingin tahu soal ini.

Berikut ini materi yang akan dipelajari dalam BJOP2

image

Syarat peserta :
1. Dapat mengoperasikan mesin jahit apabila ingin menjahit dengan tangan diharapkan konsisten untuk menyelesaikan sampai akhir.
2. Memiliki aplikasi WhatsApp.
3. Menaati semua aturan selama belajar.
4. Bersedia menyiapkan bahan dan alat yang diperlukan serta konsisten mengerjakan tugas yang diberikan.
5. Melakukan pendaftaran melalui WA ke nomer 0822-5723-2695 dengan menyertakan bukti transfer.

Biaya pendaftaran sebesar Rp 50.000 sampai selesai. Prediksi pelaksanaan selama 5 hari dan akan ada penambahan hari apabila selama itu belum selesai belajar.

Waktu pelaksanaan insyaallah di awal bulan Juni 2016. Secara detail akan dijelaskan kemudian.

Sedangkan proses pelaksanaannya kurang lebih sama dengan BJOP1. Sebagai gambaran dapat dibaca disini.

Batas akhir pendaftaran sampai dengan 31 Mei 2016.  Kuota dibatasi yaa… terimakasih😉

BJOP1 kembali digelar

Standar

Apa itu BJOP1 ? BJOP adalah nama ciptaan saya untuk menamai program kelas jahit Online yang berlangsung beberapa waktu yang lalu. BJOP1 singkatan dari Belajar Jahit Online Pemula bagian satu. Alhamdulillah pelaksanaan BJOP1 pada kelas perdana kemarin berjalan cukup lancar dan insyaallah akan ada BJOP2 dengan bahasan yang berbeda😉

Karena ada beberapa permintaan, maka BJOP1 akan dibuka kembali untuk kelas baru dengan peserta yang baru pula tentunya.
image

Prosedur pelaksanaan dan syarat peserta yang ingin ikut tak jauh berbeda denhan BJOP1 tahap satu yang telah lalu. Silakan baca dan pelajari dulu disini

Untuk BJOP1 insyaallah akan dilaksanakan pada hari Rabu, tanggal 25 Mei 2015. Tentu pendaftarannya ditutup sebelum hari itu ya…
Apabila sudah yakin dan benar-benar berminat untuk ikutan. Silakan kabari saya melalui pesan WA ke nomer 0822-5723-2695. Biaya pendaftaran juga masih sama dengan BJOP1 tahap 1 hanya Rp 50000 untuk berhari hari. Mohon maaf, jumlah peserta dibatasi jadi cepet-cepetan aja deh😉

Kemudian , untuk yang penasaran mau liat bagaimana BJOP1 tahap 1 yang telah berlangsung beberapa waktu yang lalu bisa dibaca disini . Kurang lebih seperti itu kami belajarny. Sekali lagi saya ingatkan bahwa kelas saya ini hanya untuk yang benar-benar ingin ‘melakukan’ ya, bukan untuk yang hanya sekedar ‘menyimak’ saja. Kalo hanya ingin beguty banyak kok diluaran sana dibahas tutorial gratisan yang siap disimak.

Cukup sekian yaa… terimakasih😀

Tentang Belajar Jahit Online Untuk Pemula

Standar

Assalamualaikum…🙂

Dipostingan saya kali ini saya ingin bercerita tentang kelas belajar jahit online untuk pemula yg baru-baru ini sedang saya adakan. Ide bikin kelas ini terinspirasi dari teman-teman penjahit dari malaysia. Mereka sering mengadakan kursus singkat menjahit lewat aplikasi whatsapp.

Dan akhirnya saya pun penasaran hehehe… Sebenernya pengen langsung bertanya atau ikut langsung di salah satu kelas yang mereka adakan. Tapi saya kurang berani melakukannya. Faktor perbedaan bahasa salah satunya.

Penasarananya makin memuncak ketika beberapa teman di dunia maya ingin saya melakukan hal yang sama. Weleh… Padahal saya juga bingung harus mulai dari mana 😁. Perlu perenungan, bertapa dan mikir panjang untuk bikin proyek ini. Mulai dari mikirin materi, proses pelaksanaan, bahan ajar. Dll.

Akhirnya, antara nekad dan setengah gak PD kebentuklah kelas belajar saya. Dikelas ini materinya khusus pemula. Pemula yang benar-benar pemula. Materinya mulai dari cara ukur badan, bikin pola dasar, rubah pola, rancang bahan, cara peletakan pola di kain gunting kain, dan cara jahit.
Proyek jahitnya juga masih sederhana, hanya membuat blus. Karena selain pilih yang gampang untuk pemula, yang terpenting adalah hasil jahit digunakan sebagai tester apakah pola yang sudah dibuat sdh benar. Kalo lamanya pelaksanaan kelas sih suka-suka, sampai selesai. Untuk angkatan pertama bahkan sdh akan memasuki hari ke 9. Padahal rencananya akan dilaksanakan hanya 7 hari.

Sampailah pada hari pelaksanaan. Yang paling degdegkan adalah ketika menyampaikan materi pembuatan pola. Karena materi sebelumnya pengukuran badan alhamdulillah berjalan lancar.

Sebenarnya cara pembuatan pola dasar sudah banyak beredar dimana-mana. Di buku-buku menjahit, di website, di grup menjahit, ataupun yang lainnya. Tapi sebagai pemula mungkin tidak hanya cukup hanya dengan memandangi pola beserta keterangannya. Butuh suatu proses lagi untuk mengerti nya. Oleh sebab itu akhirnya saya buat tutorial ala-ala saya. Bahasan pembuatan polanya benar- step by step dari awal penentuan titik, pembuatan garis dibahas satu persatu. Saya menyebutnya tutorial anti galau, hehehe… Karena insyaallah semua akan bisa membuat pola hanya dengan mengikuti urutan tutorial yang saya sampaikan.

Dan… Alhamdulillah, setelah melihat hasil pola buatan teman-teman. Sebagian besar sudah bisa membuat pola sendiri. Hanya sebagian kecil yang membutuhkan revisi. Rata-rata kesalahan hanya karena salah menghitung. Wajar, namanya juga pemula. Saya kebetulan meminta teman-teman mengirimkan foto hasil buatan mereka.

image

image

Kelas belajar jahit ini memang wewajibkan peserta yang ikut untuk mengumpulkan tugas belajar nya untuk kemudian saya koreksi. Dari awal ngukur sampai gunting bahan.Untuk ukuran yang sekiranya ada yang agak janggal saya minta kembali untuk perbaiki. Dan untuk pola dan yang lainnya, biasanya saya kasih arahan dan dicoret coret.

image

Kebayangkan ya..? Yang ikutan ada 24 orang. Dan saya harus koreksi satu-satu. Kadang sampai dinihari. Malah suka kelupaan membalas chat teman-teman di jam 3 pagi hehehe… Maaf ya, itu semua karena saking semangatnya kegirangan melihat teman-teman yang mau belajar juga semangat mengerjakan tugas dari saya. Malah kadang saya juga terharu melihat hasil kerjaan yang rapinya minta ampun.

image

Saya loh… Dulu jaman kuliahan tata busana gak pernah nyatet serapih itu.
Ada pula yang niat banget ngumpulin tugasnya sampai diketik segala begini. Terharu…

image

Ada pula kemarin katanya yang ngeprint semua gambar yang saya kirimkan kemudian menempelnya dibuku catatan. Luar biasa… Terima kasih banyak ya teman-teman. Benar-benar saya berterimakasih. Saya tidak membayangkan kalau antusiasnya sampai bikin saya kadang merinding. Hal itu semakin membuat saya untuk membuat kelas ini semakin baik, dan mengurusnya secara serius. Menelaah segala kekurangan agar kedepan bisa lebih optimal melayani teman-teman yang ingin belajar.

Hasil praktik teman-teman BJOP1 angkatan pertama sudah saya update disini menurut saya hasilnya lumayan, apalagi mereka pemula sekali. Tidak seperti waktu saya belajar jahit pertama kali dulu kala. Hasilnya ancuuurrr 😂

Oke, segitu dulu curhatan saya soal kelas menjahit via aplikasi whatsaap ini. Nanti saya update lagi ceritanya. Terimakasih…
Untuk kelas selanjutnya bisa cek infonya disini😉

Wassalamualaikum..

Langkah menggambar busana

Standar

Selamat pagi…

Hari ini saya mau sharing cara menggambar busana. Saya sih gak hebat-hebat banget dalam bidang ini. Tapi kebetulan punya sedikit sesuatu untuk dibagi. Step by step ini adalah versi saya ya. Setiap orang punya versi yang beda-beda. Namanya juga seni bukan ilmu pasti🙂
Begini versi saya itu…

Pertama, buat sebuah gambar proporsi tubuh. Sebenarnya dalam menggambar proporsi ini ada ilmu hitung untuk perbandingannya tapi sdh lama saya gak pakai rumus itu, hanya pada awal-awal belajar saja. Yang penting seenaknya aja. Pernah loh saya liat proporsi design seseorang dengan kepala besar dan kepala kecil tapi tetep sedep diliat.

image

Kedua, gambar design pakaian yang kita kehendaki di atas proporsi tubuh tadi.

image

Ketiga, hapus bagian proporsi tubuh yang harusnya berada dalam pakaian, kecuali bahan yang akan digunakan adalah bahan transparan.

image

Keempat, mulai mewarnai. Biasanya saya mulai mewarnai dengan mengarsir bagian yang perlu diwarnai. Lakukan perlahan dengan ujung pencil warna tetap runcing. Secara konsisten dan sabar melakukan bulatan kecil kecil.

Lakukan di setiap bidang. Selanjutnya pertegas bagian gelap-terang dan garis outline (garis luar) pada gambar design.

image

Setelah itu selesaikan bagian detail busana. Misalnya detail sulaman atau Payet.

image

Dan… Selesai…

image

Nah, kira-kira begitu step by step saya cara menggambar. Saya juga masih harus banyak belajar ni supaya gambarnya lebih bagus. Oiya, belum lama ini saya skip bagian menggambar wajah yang komplit. Sekarang saya jadi suka menggambar seperti ini, seperti dalam busana dalam patung manequin.

Belajar Menjahit Busana Untuk Pemula

Standar

Asalamualaikum…🙂

image

Akhirnya setelah saya berfikir panjang, saya memberanikan diri membuka kelas belajar menjahit melalui aplikasi chat grup WA. Ini pun karena permintaan beberapa orang. Karena berulang kali diminta dan berulang kali dikasih semangat oleh teman-teman di dunia maya 😘.

Untuk kelas perdana ini akan saya buka kelas untuk pemula yang benar-benar pemula sekali.
Materi yang akan diajarkan :

1. Mengambil ukuran
Akan disajikan step by stepnya cara ambil ukuran yang diperlukan untuk membuat baju.

2. Membuat pola dasar badan.
Untuk awal-awal lebih baik belajar pola yang mudah dulu, biar gak langsung blank 😁. Pola yang saya ajarkan adalah pola yang biasa saya gunakan dalam membuat baju.
Nanti cara bikin polanya akan dijelaskan secara runut. Dimulai dari penentuan titik awal. Mulai menggaris, akan diajarkan garis per garis sampai bener-bener membentuk pola badan utuh.

3. Mengembangkan Pola
Setelah membuat pola dasar selanjutnya praktek pengembangan pola itu menjadi pola yang siap potong dan dijahit.

4. Meletakkan pola diatas kain
Pada materi ini akan diajarkan bagaimana cara membaca garis pola dan bagaimana cara meletakkan pola yang benar. Pemberian kampuh, dan bagaimana cara memotong kainnya.

5. Menjahit Baju
Step by step cara menjahit baju akan disajikan melalui gambar. Dan untuk bagian yang sulit akan disajikan dalam bentuk video pendek.

Diharapkan pada akhir kelas, seluruh peserta bisa mengmbil ukuran badan, membuat pola sendiri, membuat baju, serta memiliki arsip cara membuat pola dalam buku besar masing-masing. Biarpun baju yang dibuat masih sederhana tapi melalui materi inilah yang akan membuka jalan untuk mudah mempelajari materi jait lebih lanjut.

Syarat-syarat menjadi peserta kelas belajar menjahit :
1. Mempersiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan.
Perlengkapan mengambil ukuran : buku, meteran, piterban atau tali pengikat lainnya.
Perlengkapan buat pola diantaranya : kertas karton/koran bekas, buku besar, pensil, pensil/spidol warna merah biru, penggaris, skala.
Perlengkapan menjahit baju : kain katun atau kain yang mudah dijait sebanyak 1,5 sampai 2 mtr, gunting, rader, karbon, benang, pendedel dan lainnya.

2. Dapat mengoprasikan mesin jahit. Kalo tidak punya mesin jait juga tidak mengapa sih. Tp harus tekun dan ulet untuk menyelesaikan dan menjahit bajunya dengan tangan.

3. Bersedia mengirimkan foto tugas hasil karya buatan peserta.
Pada akhir kelas, saya akan meminta pertanggungjawaban dari seluruh peserta. Saya akan meminta dokumen berupa foto karya peserta. Berupa : foto hasil pengambilan ukuran, foto pola besar pada karton, foto pola kecil pada buku besar, dan foto hasil baju yg telah dijait. Kalo didunia nyata istilahnya semacam pengumpulan tugas gitu deh… Dan saya akan melakukan beberapa koreksi terhadap hasil kerja peserta.

4.Melakukan pendaftaran via Whatsapp ke nomer 081328187563, menyertakan bukti transfer biaya belajar sebesar Rp 50.000 oiya, kalo dirasa apa yang saya sampaikan selama belajar tidak membawa manfaat boleh silahkan dicut dan peserta dapat mengambil biaya belajarnya kembali.
Peserta dibatasi hanya sejumlah 30 orang saja.

5. Tentunya memiliki aplikasi WhatsApp yang aktif yaa😉

Tanggal pendaftaran mulai 11 April-31 april 2016.
Waktu belajar akan dimulai di awal bulan Mei Kelas akan diadakan sebanyak beberapa sesi selama selama seminggu. Tiap sesi berbeda beda waktu jam belajarnya. Hal ini akan ditentukan nanti. Selama jam belajar semua peserta boleh bebas mengajukan pertanyaan apabila ada sesuatu yang blm dipahami. Namun, diluar jam belajar tetap bisa bertanya kok, tapi mungkin saya jawabnya tidak bisa langsung seketika yaa.. Harap bersabar.

Ok, mungkin sekian saja serba serbi mengenai Kelas Belajar menjahit untuk pemula ini. Kalo ada pertanyaan silakan kontak nomer WA yang tertera diatas ya…

Terima kasih🙂

Ditulis dari WordPress untuk Android