Monthly Archives: April 2012

Gamis wisuda untuk akhwat

Standar

seorang teman se-kos saya dijaman kuliah dulu meminta saya untuk membuatkan gamis untuk acara spesialnya, wisuda (ciee… selamat ya mb yen ๐Ÿ™‚ ). Alhamdulilah, walaupun dia di Jogja dan saya di Samarinda tidak membuat kepercayaannya hilang untuk order gamis ini ke saya.

kali ini saya hanya diminta menjahitkan gamis yang modelnya sudah ditentukannya sendiri. saya hanya mengikuti. saya minta si mb ini untuk mengirimkan kain, vuring, gamis yang biasanya dia pakai untuk dicontoh ukurannya serta bahan2 kebutuhan lain seperti renda dan bisban. penjahit yang menyusahkan ni… hihi :p maaf ini semua karna tidak memungkinkan bagi saya untuk ngublek2 kota samarinda untuk nyari2 bahan, apalagi yang dicari blm tentu ada.

Kira-kira beginilah coretan desainnya…

maaf.. gambarnya jelek ๐Ÿ˜‰

si mb ini inginnya model simpel. bahan yang dipakai sejenis bahan satin tapi lebih tipis dan lembut dari pada bahan satin umumnya, makanya dari proses nempelin pola ke kain, potong bahan, sampe jait, rasanya nyernyeran, liciiin… untuk hiasanya pake renda bordir yang diaplikasikan di bagian tengah muka dari pinggang sampai ke bawah dan pergelangan lengan. ini disengaja, karna kalo hiasannya ditaruh di bagian atas gak bakal keliatan juga, kan kudungnya sampe pinggang.

bagian garis leher cuma minta polos saja, nampaknya si yang punya memang gak suka baju berkerah, gerah katanya. sebenernya saya kurang sreg. tapi tak apalahโ€ฆ toh, nanti juga bagian tersebut tidak terlihat dari luar.

dan ini detail hasil jahitan saya (huhuhu… ๐Ÿ˜ฆ gak punya manekin buat foto2)

begini detail renda bordir dan bisban emas yang saya pasangkan pada bagian muka dan pergelangan tangan

bagian garis leher tanpa hiasan, memang inginnya begitu ๐Ÿ™‚

bagin rok seolah2 dibuat berlapis

demikianlahโ€ฆ semoga si mb yen gak kecewa sama hasilnya dan gak ragu-ragu pesen lagi buat perayaan selanjutnya (ehm!) ๐Ÿ˜‰ …

Love,

Tutorial : membuat pencil case kepala beruang

Standar

Di minggu pagi yang agak-agak gerimis tadi saya iseng-iseng membuat sebuah tempat pinsil. tempat pinsilnya saya buat berbentuk kepala beruang, beruang yang mata kanannya membiru, bonyok digebuk sang macan… ๐Ÿ˜€

yang ingin membuat juga, berikut ini langkah-langkah prosesnya…

alat dan bahan yang digunakan :

– kain flanel warna coklat, krem, dan putih

– perca katun motif

– ritsย  panjang 20 cm

– 2 buah kancing jas

– lem

– gunting

– jarum dan benang

Selanjutnya…

siapkan pola sebagai berikut : bentuk kepala beruang, 2 buah lingkaran ukuran kecil dan besar, serta bentuk setengah lingkaran untuk kupingnya.

potong pola. dua buah bentuk kepala beruang, satu utuh dan yang satunya lg terdapat lubang untuk rits. ukur pnjng dan lebar rits, sya memakai rits 20cm,jadi sya buat lubang berukuran 21cm x 1,5cm. dua buah lingkaran mata, sebuah lingkaran besar dari perca katun, dan 2 buah setengah lingkaran untuk telinga.

Ambil pola kepala bagian muka. tempelkan bagian bola mata dan telinga seperti pd gambar. lem sementara kemudian selesaikan dengan jahit feston. kecuali bagian bola mata cukup dijelujur saja.

pasang kancing sebagai bola mata. posisikan rits pada mulut beruang. jika khawatir bergeser, boleh beri sedikit lem pada tepi-tepi rits, sedikit saja yaa...

lekatkan rits pada sekeliling mulut dengan jahit feston. akan lebih mudah menjahitnya dengan posisi rits yang terbuka.

setelah menyelesaikan semua jahitan pd pola muka kemudian satukan pola muka dengan pola belakang, jahit sekeliling kepala beruang.

bila telah selesai menjahit seluruh keliling kepala beruang tandanya pencil case siap dipakai...

Selamat mencoba ๐Ÿ˜‰

Love,

Tutorial : membuat bunga flanel

Standar

ingin membuat bunga seperti ini…?

caranya mudah kok… ๐Ÿ™‚

siapkan dulu bahan dan peralatannya seperti kain flanel, kancing, lem, gunting, jarum dan benang jahit.

gunting kain flanel membentuk kelopak seperti pada gambar, masing-masing 5 lbr ukuran kecil dan 5 lbr ukuran besar. siapkan pula guntingan flanel berbentuk lingkaran kecil dan bentuk bunga.

ambil sebuah kelopak, jahit jelujur pada bagian bawahnya.

tarik benang hingga kelopak berkerut. ikat benang untuk mematikan, benang tidak perlu digunting. lanjutkan pada kelopak berikutnya.

selesaikan pada keseluruhan kelopak, satukan hingga membentuk bunga. perlakukan hal yang sama pada kelopak yang berukuran besar.

satukan kedua bunga dengan menumpuk bunga berukuran kecil di atas bunga berukuran besar, boleh dilem atau dijahit.

lekatkan flanel berbentuk lingkaran sebagai alas pada bagian bawah bunga.

langkah terakhir, tempelkan potongan flanel bentuk bunga pada bagian atas bunga. jahit kancing pada bagian tengahnya dan....

SUDAH JADIII… ๐Ÿ˜‰

bunga flanel siap digunakan. sebagai korsase tinggal lekatkan peniti di bagian belakangnya atau dapat pula digunakan sebagai aplikasi untuk mempercantik tampilan tas kita. suka suka deh… ๐Ÿ™‚

SELAMAT MENCOBA!

love,

ke11an bunga-bunga

Standar

kenapa disebut demikian? karna bunganya ada 11 ๐Ÿ™‚ ini difungsikan sebagai korsase, lumayan kan…?sebenernya proses bikinnya gak terlalu rumit, cuma menurut sya yang bikin agak ‘mikir’ adalah bagaimana ngombinasikan warnanya biar agak apik sitik (bagus sedikit). semua bunga2 ini gak ada yang sama persis, yg mirip mungkin ada, karna sulit bagi saya untuk mengulanginya, soalny bikinnya gak pake pola. asal gunting aja… hehe… yang mau lihat, silakan lihat. yang minat monggo dibeli (sms saya ya, hehe..), yang sudah membeli saya ucapkan banyak2 terimakasih… (besok beli lagi yaa.. ๐Ÿ˜‰


Love