Tips Merapikan Sambungan dan Lipatan Jahitan

Standar

Halo… 😁

Kali ini saya mau membagikan tips dan trik andalan saya dalam menjahit yaitu tips membuat jahitan rapih. Salah satu yang dilakukan yaitu langkah pengepresan. Saya rasa semua penjahit menerapkan langkah ini. Namun mungkin caranya yang berbeda-beda.

Untuk saya pribadi masih menggunakan cara manual yaitu setrika dan air. Air yang saya gunakan bukan air biasa. Saya menggunakan larutan obat plisked dan air bersih.

image

Sebenarnya obat plisked ini digunakan untuk mempertahankan lipatan agar tahan lama, misalnya pada gorden atau rok.

Pilihlah obat plisked yang berkualitas baik. Tidak berbau dan tidak meninggalkan noda pada kain. kain saya menggunakan merk ini. Karena memang disini hanya ada merk ini yang diual. Kalau di kota besar mungkin ada beberapa macam ya.

image

Baca baik-baik dan ikuti aturan penggunaan pada botol kemasan.

image

Masukkan larutan dalam botol spayer. Tambahkan sejumlah air sesuai aturan perbandingan yang tertera pada kemasan. Gunakan air yang benar-benar bersih ya.

image

Siapkan setrika. Nyalakan dan tunggu hingga suhunya tinggi. Sesuaikan suhu dengan jenis kain yang digunakan. Semprotka campuran larutan pada kain yang akan dipress. Setrika dengan
ditekan tekan sedikit. Dan beginilah haisil yang didapat. Rapih, sangat memuaskan.
Makanya botol sprayer saya ini merupakan senjata ampuh yang saya jadikan andalan ketika menjahit. Jahit apapun harus disemprot dulu dan disetrika. Kanpuh jahitan jadi betah terbuka bahkan setelah baju dicucipun.

image

Lipatan tetap awet dan permukaan kain dalam kondisi kusut akut langsung licin 🙌.

image

Selamat mencoba ya.
Happy sewwing… 😘

Tinggalkan Balasan

