Langkah menggambar busana

Standar

Selamat pagi…

Hari ini saya mau sharing cara menggambar busana. Saya sih gak hebat-hebat banget dalam bidang ini. Tapi kebetulan punya sedikit sesuatu untuk dibagi. Step by step ini adalah versi saya ya. Setiap orang punya versi yang beda-beda. Namanya juga seni bukan ilmu pasti🙂
Begini versi saya itu…

Pertama, buat sebuah gambar proporsi tubuh. Sebenarnya dalam menggambar proporsi ini ada ilmu hitung untuk perbandingannya tapi sdh lama saya gak pakai rumus itu, hanya pada awal-awal belajar saja. Yang penting seenaknya aja. Pernah loh saya liat proporsi design seseorang dengan kepala besar dan kepala kecil tapi tetep sedep diliat.

image

Kedua, gambar design pakaian yang kita kehendaki di atas proporsi tubuh tadi.

image

Ketiga, hapus bagian proporsi tubuh yang harusnya berada dalam pakaian, kecuali bahan yang akan digunakan adalah bahan transparan.

image

Keempat, mulai mewarnai. Biasanya saya mulai mewarnai dengan mengarsir bagian yang perlu diwarnai. Lakukan perlahan dengan ujung pencil warna tetap runcing. Secara konsisten dan sabar melakukan bulatan kecil kecil.

Lakukan di setiap bidang. Selanjutnya pertegas bagian gelap-terang dan garis outline (garis luar) pada gambar design.

image

Setelah itu selesaikan bagian detail busana. Misalnya detail sulaman atau Payet.

image

Dan… Selesai…

image

Nah, kira-kira begitu step by step saya cara menggambar. Saya juga masih harus banyak belajar ni supaya gambarnya lebih bagus. Oiya, belum lama ini saya skip bagian menggambar wajah yang komplit. Sekarang saya jadi suka menggambar seperti ini, seperti dalam busana dalam patung manequin.

One response »

Tinggalkan Balasan

