Tentang Belajar Jahit Online Untuk Pemula

Standar

Assalamualaikum…🙂

Dipostingan saya kali ini saya ingin bercerita tentang kelas belajar jahit online untuk pemula yg baru-baru ini sedang saya adakan. Ide bikin kelas ini terinspirasi dari teman-teman penjahit dari malaysia. Mereka sering mengadakan kursus singkat menjahit lewat aplikasi whatsapp.

Dan akhirnya saya pun penasaran hehehe… Sebenernya pengen langsung bertanya atau ikut langsung di salah satu kelas yang mereka adakan. Tapi saya kurang berani melakukannya. Faktor perbedaan bahasa salah satunya.

Penasarananya makin memuncak ketika beberapa teman di dunia maya ingin saya melakukan hal yang sama. Weleh… Padahal saya juga bingung harus mulai dari mana 😁. Perlu perenungan, bertapa dan mikir panjang untuk bikin proyek ini. Mulai dari mikirin materi, proses pelaksanaan, bahan ajar. Dll.

Akhirnya, antara nekad dan setengah gak PD kebentuklah kelas belajar saya. Dikelas ini materinya khusus pemula. Pemula yang benar-benar pemula. Materinya mulai dari cara ukur badan, bikin pola dasar, rubah pola, rancang bahan, cara peletakan pola di kain gunting kain, dan cara jahit.
Proyek jahitnya juga masih sederhana, hanya membuat blus. Karena selain pilih yang gampang untuk pemula, yang terpenting adalah hasil jahit digunakan sebagai tester apakah pola yang sudah dibuat sdh benar. Kalo lamanya pelaksanaan kelas sih suka-suka, sampai selesai. Untuk angkatan pertama bahkan sdh akan memasuki hari ke 9. Padahal rencananya akan dilaksanakan hanya 7 hari.

Sampailah pada hari pelaksanaan. Yang paling degdegkan adalah ketika menyampaikan materi pembuatan pola. Karena materi sebelumnya pengukuran badan alhamdulillah berjalan lancar.

Sebenarnya cara pembuatan pola dasar sudah banyak beredar dimana-mana. Di buku-buku menjahit, di website, di grup menjahit, ataupun yang lainnya. Tapi sebagai pemula mungkin tidak hanya cukup hanya dengan memandangi pola beserta keterangannya. Butuh suatu proses lagi untuk mengerti nya. Oleh sebab itu akhirnya saya buat tutorial ala-ala saya. Bahasan pembuatan polanya benar- step by step dari awal penentuan titik, pembuatan garis dibahas satu persatu. Saya menyebutnya tutorial anti galau, hehehe… Karena insyaallah semua akan bisa membuat pola hanya dengan mengikuti urutan tutorial yang saya sampaikan.

Dan… Alhamdulillah, setelah melihat hasil pola buatan teman-teman. Sebagian besar sudah bisa membuat pola sendiri. Hanya sebagian kecil yang membutuhkan revisi. Rata-rata kesalahan hanya karena salah menghitung. Wajar, namanya juga pemula. Saya kebetulan meminta teman-teman mengirimkan foto hasil buatan mereka.

image

image

Kelas belajar jahit ini memang wewajibkan peserta yang ikut untuk mengumpulkan tugas belajar nya untuk kemudian saya koreksi. Dari awal ngukur sampai gunting bahan.Untuk ukuran yang sekiranya ada yang agak janggal saya minta kembali untuk perbaiki. Dan untuk pola dan yang lainnya, biasanya saya kasih arahan dan dicoret coret.

image

Kebayangkan ya..? Yang ikutan ada 24 orang. Dan saya harus koreksi satu-satu. Kadang sampai dinihari. Malah suka kelupaan membalas chat teman-teman di jam 3 pagi hehehe… Maaf ya, itu semua karena saking semangatnya kegirangan melihat teman-teman yang mau belajar juga semangat mengerjakan tugas dari saya. Malah kadang saya juga terharu melihat hasil kerjaan yang rapinya minta ampun.

image

Saya loh… Dulu jaman kuliahan tata busana gak pernah nyatet serapih itu.
Ada pula yang niat banget ngumpulin tugasnya sampai diketik segala begini. Terharu…

image

Ada pula kemarin katanya yang ngeprint semua gambar yang saya kirimkan kemudian menempelnya dibuku catatan. Luar biasa… Terima kasih banyak ya teman-teman. Benar-benar saya berterimakasih. Saya tidak membayangkan kalau antusiasnya sampai bikin saya kadang merinding. Hal itu semakin membuat saya untuk membuat kelas ini semakin baik, dan mengurusnya secara serius. Menelaah segala kekurangan agar kedepan bisa lebih optimal melayani teman-teman yang ingin belajar.

Hasil praktik teman-teman BJOP1 angkatan pertama sudah saya update disini menurut saya hasilnya lumayan, apalagi mereka pemula sekali. Tidak seperti waktu saya belajar jahit pertama kali dulu kala. Hasilnya ancuuurrr 😂

Oke, segitu dulu curhatan saya soal kelas menjahit via aplikasi whatsaap ini. Nanti saya update lagi ceritanya. Terimakasih…
Untuk kelas selanjutnya bisa cek infonya disini😉

Wassalamualaikum..

2 responses »

  1. Ping-balik: BJOP1 kembali digelar | Wilis dan jarum pentul

  2. Hahahaha.. habisnya kangen masa2 skolah dulu yg seneng mencatat, rasanya tuh ilmu-nya nyampe banget alias nyangkut..

    Emang niat banget nih, kalau bisa mah sampai tingkat mahir..

    Hehehehe
    #mentornyapingsan

Tinggalkan Balasan

