Author Archives: wilis

Liputan Pola Jiplak di Media

Standar

Assalamualaikum,

Sampai saat ini saya sangat bersyukur karena Pola Jiplak buatan saya mendapat sambutan yang menurut saya cukup membikin kaget πŸ™ sudah ratusan lembar pola dicetak dan sudah dimanfaatkan oleh banyak orang.

Kadang saya malah terharu membaca testimoni dari pelanggan yang berhasil buka olshop busana muslim karena pola jiplak. Atau ada pula yang memanfaatkan pola jiplak untuk dijual polanya saja. Iya sederhana, jual pola potongan yang didapat dari menjiplak Pola, namun berhasil menambah penghasilan orang lain.

Inget bener pas baru pertama kali promo Pola Jiplak ke berbagai macam grup jahit. Sampai sampai saya di blokir dari salah satu grup jahit besar di FB. Padahal saya sudah menaati aturan. Sudah ijin dan sesuai jadwal. Usut punya usut ternyata adminya juga penjual pola πŸ˜€ hihihi… Lucu. Padahal saat itu saya sudah jatuh cinta dengan grup tersebut. Sering berbagi tutorial pun sebagai tempat saya mencari ilmu jahit yang lainnya.

Kalo dulu, bisa dibilang saya yang pertama kali jualan pola baju versi print di atas banner begini, dengan dijiplak-jiplak begini. Kalo sekarang sih sudah ada beberapa. Bahkan ada salah satu penjual yang baru saja bikin pola jiplak kemudian memblokir FB saya karena ada salah satu pelanggan yang ngetag nama saya di postingan jualannya.

Ahh… Sudahlah, kalo saya mah pasrah bin ikhlas. Saya ucapkan terimakasih yang sebesar besarnya kepada yang sudah membeli ya. kalo kata temen saya jangan samakan rejeki seperti sandal jepit yang gampang tertukar 😘 .

Alhamdulillah… Karena Pola Jiplak ini , beberapa waktu lalu ada media koran lokal yang berminat meliput saya. Senangnya bukan kepalang, sungguh norak 😌. Maklum baru pertama kali masuk koran. Hehehe…

Sekian cerita tentang saya dan pola jiplaknya 😊

Wassalamualaikum…

Iklan

Grup Belajar Untuk Pola Jiplak

Standar

Beberapa orang bertanya tentang tutorial. Saya jualan pola, apakah juga sekalian jual tutorial menjahitnya? Mohon maaf… Tidak ada. Menurut saya bikin tutorial itu butuh waktu ekstra, dengan seorang bayi dan seorang balita yang harus dipegang. Tak cukup waktu saya untuk bikin tutorial yang bagus yang layak diperjual belikan. Walau sesungguhnya ingin begitu.

Lalu, bagaimana kalo pemula yang ingin sekali membuat baju dan berminat membeli Pola Jiplak saya? Saat ini saya menyediakan satu grup yang berisi bebetapa tutorial menjahit setiap model yang ada ada Pola Jiplak. Mulai dari peletakan pola di kain hingga finishing.

Tapi benar-benar belum maksimal saya membuat tutorialnya. Baru beberapa tutorial yang berhasil saya buat. Yang lainnya semoga tak lama lagi akan terwujud πŸ™. Ini grupnya benar benar khusus untuk yang punya Pola Jiplak saja. Kalo yang belum punya, saya mohon maaf blm bisa konfirmasi untuk masuk grup.

Karena ini sebenarnya sudah grup yang kedua yang dibuat. Grup yang terdahulu semua orang boleh gabung. Akhirnya grup overload dalam sekejap 9000an orang ikutan gabung πŸ˜€ dan akibatnya yang beli pola jadi todak bisa belajar optimal karena kebanyakan orang yang tidak ada hubungannya dengan Pola Jiplak.

Jadi… Untuk yang sudah punya pola jiplaknya bisa langsung saja join grupnya. Nama grupnya bisa dilihat pada lembaran pola. Yukk… Join! 😊

Cara Menjiplak Pola

Standar

Sebelumnya sudah saya share sedikit cerita mengenai Pola Jiplak Ini. Untuk yang masih bingung bagaimana pemakaiannya, yukk.. Mari disimak 😘

1. Bentangkan Pola Jiplak

Letakkan Pola Jiplak di atas Bidang yang datar seperti lantai atau meja potong yang cukup lebar. Ratakan permukaannya. Di elus elus ya hehe…

2. Siapkan Peralatan dan Bahan Untuk Menjiplak

Perlatan dan bahan yang digunakan cukup mudah kita temui. Gunakan kertas roti, kertas minyak, atau kain spundbond tipis yang berwarna cerah sebagai bahan untuk menjiplak pola. Sedangkan perlatannya siapkan alat tulis seperti bolpoin, pensil, ataupun spidol, selotip bening, gunting, dan mistar untuk penyempurnaan garis

3. Perhatikan Kode Warna

Kode warna ini biasanya terletak pada bagian pojok pola. Berupa petak berwarna warni bertuliskan size atau ukuran seperti XS, S, M, L, XL, dan XXL. Tentukan ukuran pola apa yang akan dijiplak. Lalu perhatikan warna petak. Misalnya jika akan menjiplak pola ukuran M, dan kotak size M berwarna merah maka nantinya garis yang harus dijiplak adalah garia yang berwarna merah.

Sebagai panduan penentuan sizenya dapat memperhatikan tabel size yang nantinya di print pada kertas ukuran kecil dan akan disertakan dalam setiap pembelian pola. Begini contoh tabel sizenya

4. Melekatkan Kertas Jiplak Pada Permukaan Pola Jiplak

Gunakan selotip bening untuk melakukan hal ini. Gunting secukupnya. Lekatkan pada beberapa bagian kertas. Lalu tempelkan pada pola jiplak. Penempelan ini dimaksudkan agar kertas tidak mudah bergeser ketika melakukan proses penjiplakan. Dan kenapa harus selotip bening? Sebenarnya tidak harus juga sih, hehe… Hanya saja kalo pale warna bening kan proses menjiplaknya jadi tidak terganggu karena garis terlihat semua.

5. Memindahkan Garis Pada Kertas Jiplak.

dalam hal ini bisa gunakan alat tulis apa saja. Konsisten ya menjiplaknya. Dalam artian jika ingin menjiplak size M digaris warna merah maka harus semua pola yang bergaris warna merah yang dijiplak.

6. Lepaskan Kertas Jiplak dari bisang Pola

Setelah semua bagian garia selesai dipindahkan di kertas jiplak, lepaskan secara perlahan selotip yang menempel pada kertas.

7. Gunting Pola Pada Kertas Jiplak

Setelah semua selesai dijiplak, gunting pola pada kertas jiplak. Dan pola pun siap digunakan. Sedangkan Pola Jiplaknya bisa dilipat kembali. Disimpan rapih dan digunakan lagi apabila dibutuhkan. Bisa dipinjamkan atau bahkan diwariskan ke anak cucu .

Gimana? Gimana? Gimana? Mudah bukan mendapatkan pola dari Pola Jiplak ini. Praktis, hemat, dan awet.

Cuzzz… Bagi yang kepingin bikin baju tapi masih kerepotan soal pola, bisa order dan tanya tanya ke sini ya WA 082255190091 😊

Apa itu Pola Jiplak?

Standar

Assalamualaikum,

Kali ini saya memperkenalkan produk pola buatan saya. Untuk yg sudah follow akun instagram atau like FP saya mungkin sudah kenal apa itu pola jiplak. Soalnya sudah dari sejak beberapa bulan yang lalu saya luncurkan. Tapi baru kali ini nih bisa cerita disini. Hehehe… Kali ini bukan karena males nulis, Alhamdulillah… Karena sibuk. Sibuk apaaa? Ya sibuk ngurusin Pola Jiplak ini 😊

Begini penampakan Pola Jiplak itu

Pola Jiplak edisi perdana

Nah, mungkin beberapa sudah ada gambaran atau mungkin sudah nangkep apa itu Pola Jiplak atau kenapa dinamakan Pola Jiplak.

Nama Pola Jiplak sebenernya spontan keluar begitu saja dari mulut saya. Spontan gak pake mikir πŸ˜€ .

Begini sejarah munculnya pembuatan Pola Jiplak ini. sebelum Pola Jiplak ini, saya juga melayani jasa pembuatan pola. Pola handmade, bikin satu satu. Suatu hari ada pelanggan yang kebetulan ingin order pola gamis untuk anak-anaknya. Nah, karena anaknya beliau ini ada beberapa beliau meminta keringanan apakah bisa polanya dijadikan satu kertas tapi dengan beberpa ukuran dan dengan harga yang lebih murah. Sebenarnya ingin sekali saya memenuhi permintaan si ibu dengan menurunkan harga polanya. Tapi nyatanya saya tak sanggup hehehe.. Karena tenaga yang diperlukan untuk membuat polanya sama saja, mikir dan ngitung2nya juga sama. Hanya kertasnya yang lebih irit dan itupun harganya tidak seberapa.

Mulai dari situ tu saya kepikiran gimana caranya saya bisa jual harga pola dengan harga seminim mungkin dan saya pun tidak terlalu capek dalam proses pembuatannya, adil kan… 😊

Pola Jiplak ini dibuat dengan sistem komputer dan kemudian di print di atas vynil bahan banner/spanduk. Mulanya bahan ini dipilih karena supaya bisa menekan biaya produksi tapi Alhamdulillah… Ternyata pelanggan saya malah suka. Kata mereka unik. Polanya awet, tidak mudah rusak atau sobek, anti air, bisa diwariskan ke anak cucu dan bisa dipakai sak kecamatan berulang ulang tanpa khawatir. Apalagi dalam satu lembar ini sudah ada 5 sampai 6 macam size yang berbeda dari XS/S sampai XXL. Superrrrr iriiiittt 😚

Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya bahwa hanya dalam satu lembar sudah ada 5-6 size yang berbeda, saling menumpuk. Pasti anda bertanya tanya dalam lubuk hati sanubari yang terdalam… Kok bisa? Gimana cara guntingnya?

Nah, inilah kenapa dinamakan Pola Jiplak. Karena dibutuhkan proses menjiplak polanya terlebih dahulu sebelum digunting. Jiplak dengan kertas yang permukaannya agak transparan seperti kertas minyak atau kertas roti atau bisa pula pake kain spundbond yang agak ripis dan berwarna cerah. Caranya mudah kok gak ribet. Tinggal ikuti garis sesuai kode warnanya. Nanti deh saya jelaskan bagaimana cara penggunannya di postingan berikutnya.

Sampai postingan ini diturunkan, ada beberapa seri pola jiplak yang saya buat :

  • Pola Jiplak Gamis Umbrella Dewasa
  • Pola Jiplak Gamis Umbrella Anak
  • Pola Jiplak Gamis Terusan Simpel A line
  • Pola Jiplak Blus dan Kemeja Wanita
  • Pola Jiplak Kemeja Pria Dewasa
  • Pola Jiplak Koko Dewasa
  • Pola Jiplak Kemeja Anak Laki- laki
  • Pola Jiplak Setelan Koko Anak
  • Pola Jiplak Setelan Piyama
  • Pola Jiplak Kulot , dan
  • Pola Jiplak Rok

Semoga nanti bisa nambah lagi koleksinya, Amiin…

Apabila tertarik memilikinya. Silakan bisa tanya tanya atau langsung order ke sini ya WA 082255190091

Oke, sekian… 😊

Wassalamualaikum,

Kostum Kurcaci Cilik

Standar

Beberapa Minggu lagi anak saya ada pementasan drama di sekolah. Bocah cilik ini kebagian peran jadi kurcaci. Kebetulan sedang mood baik, kostum pun sudah selesai saya siapkan. Semuanya bikinan saya sendiri. Maklum, kalo beli harga nya lumayan mehong untuk seperangkat kostum. 

Eh kok ternyata Nemu kain merah hati bekas background foto hihihi… Bisa nih dimanfaatkan jadi bajunya 😁. Irit kan…? Tinggal beli bahan untuk celana dan beberapa bahan lain untuk aksesoris pelengkap. 

Hihihi… Jadi gak sabar lihat anak saya pentas. Alhamdulillah, ada beberapa emak-emak yang pengen juga order kostum cilik untuk anak-anak mereka. Tapi sayang sekali, waktunya tidak memungkinkan. Akhirnya saya hanya menyanggupi membantu membuatkan beberapa pasang sepatu kurcaci. Kalo emak-emak tertarik juga membuat sepatu kurcaci edisi ngirit, tutorialnya sudah saya posting disini

Tutorial : soft doll sederhanaΒ 

Standar

Saya sih bukan ahlinya bikin-bikin boneka. Sesekali kalau ada perlunya. Kali ini saya membuat sebuah boneka kain atau soft doll, kebetulan ada teman anak saya yang ultah. Soft doll bikinan saya masih sederhana. Maklum… Kan bukan ahlinya. Tapi saya harap yang menerima bisa menyukai  😁

Pertama, potong semua pola diatas kain 

Kedua, jahit dan selesaikan bagian tangan dan kaki. Sambung bagian-bagian badan. Pasang mata dan sulam bagian mulutnya.

Ketiga, isi bagian kaki dan tangan dengan dakron atau silikon.

Keempat, pasangkan bagian tangan, kaki, dan telinga pada pola badan depan. Jahit sementara.

Kelima, satukan pola badan bagian depan dengan belakangnya dalam keadaan terbalik. Jahit sekelilingnya. Sisakan beberapa centi meter untuk membalik dan mengisi dakron.

Keenam, balik boneka ke arah luar melalui lubang.

Ketujuh,  rapikan permukaan boneka.

Kedelapan, isi dakron ke dalam badan boneka melalui sisa lubang. Sampai penuh dan gemuk.

Dan terakhir, tutup lubang dengan jahitan tangan yang rapih. 

Begitu kira-kira step by step pembuatan soft doll ala-ala saya. Ingin sih kapan-kapan belajar bikin model yang lebih rumit, tapi masih belum ketemu waktunya. Semoga share tutorial kali ini bisa bermanfaat ya, Amiin… πŸ˜‰

tutorial : sepatu kurcaci

Standar

Beberapa Minggu lagi anak saya kebagian mentas di sekolah. Anak saya ditunjuk berperan sebagai kurcaci. Masing-masing emak ditugaskan sebagai penanggung jawab kostum untuk anaknya masing-masing. Nah Lo… Bingung dah saya 😁.

Lalu seperti biasanya kalo lagi bingung… Dimulai dari ngilmu dari google kemudian dilanjutkan dengan ngubek-ngubek rak sepatu, nyari-nyari sendal butut anak.

Dan mulailah saya membuat sepatu untuk kurcacinya terlebih dahulu. Saya menyiapkan beberapa bahan seperti kain flanel warna coklat, busa tipis, lem, benang wol, jarum, benang, dan tentu saja sendal butut anak saya.

Step by step membuat sepatu kurcaci :

1. Ukur lingkar keliling alas sol sandal. Hasil pengukuran kemudian dibagi 2. Contohnya hasil ukur sandal anak saya adalah 43cm. Maka ukuran yang digunakan untuk membuat polanya adalah 21,5cm 

2. Mulailah membuat pola. Yang terpenting adalah ukuran keliling alas sandal. Untuk bodi sepatu hanya asal saya reka-reka.

3. Potong pola. Untuk sebuah sepatu potong pola sebanyak 2 kali. 

4. Agar kokoh, lapisi kain flanel dengan busa tipis. Beri sedikit lem.

5. Rapikan tepinya, jangan sampai panjang busa melebihi kain flanel, agar tampak rapih. 

6. Mulai menyatukan bagian tumit. Jahit dengan feston. Saya memakai benang wol. 

7. Kemudian dilanjutkan dengan menyatu kan bagian depan yang meruncing. 

8. Jahit pula bagian bawah. Jahit terpisah.

9. Potong kelepak sepatu sesuai pola. Letakkan pola pada lipatan kain. 

Jadi pada bagian sisi belakangnya menyatu.

10. Pasangkan kelepak pada lubang pergelangan kaki. Lalu jahit sekelilingnya.

11. Pasangkan sandal pada bagian bawah. Lem bagian sol sandal lekatkan pada kain flanel.

12. Taraaa… Jadilah sepatu kurcacinya. 

Gampang kan prosesnya ? πŸ˜‰ Gak pake lamaaaaa… Fungsi utama dari sendal butut nya supaya si sepatu tetep enak dipakai dikaki.

Semoga tutonya bisa membantu emak-emak yang anaknya mau pentas juga, hehe…