Author Archives: wilis

Kostum Kurcaci Cilik

Standar

Beberapa Minggu lagi anak saya ada pementasan drama di sekolah. Bocah cilik ini kebagian peran jadi kurcaci. Kebetulan sedang mood baik, kostum pun sudah selesai saya siapkan. Semuanya bikinan saya sendiri. Maklum, kalo beli harga nya lumayan mehong untuk seperangkat kostum. 

Eh kok ternyata Nemu kain merah hati bekas background foto hihihi… Bisa nih dimanfaatkan jadi bajunya 😁. Irit kan…? Tinggal beli bahan untuk celana dan beberapa bahan lain untuk aksesoris pelengkap. 

Hihihi… Jadi gak sabar lihat anak saya pentas. Alhamdulillah, ada beberapa emak-emak yang pengen juga order kostum cilik untuk anak-anak mereka. Tapi sayang sekali, waktunya tidak memungkinkan. Akhirnya saya hanya menyanggupi membantu membuatkan beberapa pasang sepatu kurcaci. Kalo emak-emak tertarik juga membuat sepatu kurcaci edisi ngirit, tutorialnya sudah saya posting disini

Iklan

Tutorial : soft doll sederhanaย 

Standar

Saya sih bukan ahlinya bikin-bikin boneka. Sesekali kalau ada perlunya. Kali ini saya membuat sebuah boneka kain atau soft doll, kebetulan ada teman anak saya yang ultah. Soft doll bikinan saya masih sederhana. Maklum… Kan bukan ahlinya. Tapi saya harap yang menerima bisa menyukai  😁

Pertama, potong semua pola diatas kain 

Kedua, jahit dan selesaikan bagian tangan dan kaki. Sambung bagian-bagian badan. Pasang mata dan sulam bagian mulutnya.

Ketiga, isi bagian kaki dan tangan dengan dakron atau silikon.

Keempat, pasangkan bagian tangan, kaki, dan telinga pada pola badan depan. Jahit sementara.

Kelima, satukan pola badan bagian depan dengan belakangnya dalam keadaan terbalik. Jahit sekelilingnya. Sisakan beberapa centi meter untuk membalik dan mengisi dakron.

Keenam, balik boneka ke arah luar melalui lubang.

Ketujuh,  rapikan permukaan boneka.

Kedelapan, isi dakron ke dalam badan boneka melalui sisa lubang. Sampai penuh dan gemuk.

Dan terakhir, tutup lubang dengan jahitan tangan yang rapih. 

Begitu kira-kira step by step pembuatan soft doll ala-ala saya. Ingin sih kapan-kapan belajar bikin model yang lebih rumit, tapi masih belum ketemu waktunya. Semoga share tutorial kali ini bisa bermanfaat ya, Amiin… ๐Ÿ˜‰

tutorial : sepatu kurcaci

Standar

Beberapa Minggu lagi anak saya kebagian mentas di sekolah. Anak saya ditunjuk berperan sebagai kurcaci. Masing-masing emak ditugaskan sebagai penanggung jawab kostum untuk anaknya masing-masing. Nah Lo… Bingung dah saya 😁.

Lalu seperti biasanya kalo lagi bingung… Dimulai dari ngilmu dari google kemudian dilanjutkan dengan ngubek-ngubek rak sepatu, nyari-nyari sendal butut anak.

Dan mulailah saya membuat sepatu untuk kurcacinya terlebih dahulu. Saya menyiapkan beberapa bahan seperti kain flanel warna coklat, busa tipis, lem, benang wol, jarum, benang, dan tentu saja sendal butut anak saya.

Step by step membuat sepatu kurcaci :

1. Ukur lingkar keliling alas sol sandal. Hasil pengukuran kemudian dibagi 2. Contohnya hasil ukur sandal anak saya adalah 43cm. Maka ukuran yang digunakan untuk membuat polanya adalah 21,5cm 

2. Mulailah membuat pola. Yang terpenting adalah ukuran keliling alas sandal. Untuk bodi sepatu hanya asal saya reka-reka.

3. Potong pola. Untuk sebuah sepatu potong pola sebanyak 2 kali. 

4. Agar kokoh, lapisi kain flanel dengan busa tipis. Beri sedikit lem.

5. Rapikan tepinya, jangan sampai panjang busa melebihi kain flanel, agar tampak rapih. 

6. Mulai menyatukan bagian tumit. Jahit dengan feston. Saya memakai benang wol. 

7. Kemudian dilanjutkan dengan menyatu kan bagian depan yang meruncing. 

8. Jahit pula bagian bawah. Jahit terpisah.

9. Potong kelepak sepatu sesuai pola. Letakkan pola pada lipatan kain. 

Jadi pada bagian sisi belakangnya menyatu.

10. Pasangkan kelepak pada lubang pergelangan kaki. Lalu jahit sekelilingnya.

11. Pasangkan sandal pada bagian bawah. Lem bagian sol sandal lekatkan pada kain flanel.

12. Taraaa… Jadilah sepatu kurcacinya. 

Gampang kan prosesnya ? ๐Ÿ˜‰ Gak pake lamaaaaa… Fungsi utama dari sendal butut nya supaya si sepatu tetep enak dipakai dikaki.

Semoga tutonya bisa membantu emak-emak yang anaknya mau pentas juga, hehe… 

Karya teman-teman peserta BJOP

Standar

Postingan saya kali ini masih ada sangkut pautnya dengan kelas menjahit Online saya. Seperti yang saya janjikan, saya tak akan lupa untuk memposting karya teman-teman yang mengikuti kelas BJOP1 yang lalu.

Sebagain yang ikut merupakan pemula banget yang blm pernah menjahit. Adapula yang sudah sering menjahit tapi belum bisa membuat pola. Bahkan ada beberapa yang sukses menjahit bajunya dengan tangan. Sungguh luar biasa ๐Ÿ™‚

Berikut ini penampakannya. Beberapa saya sertakan pula capture kesan mereka ketika baru pertama kali berhasil membuat baju. Sayang kalo dibuang, kadang saya suka tersenyum senyum membacanya hehehe…

image

image

image

image

image

image

image

image

image

Itu baru sebagian. Yang lain masih proses, semoga tidak terhenti ditengah jalan. Belajar jahit mah gitu…. selain harus ada keinginan, juga harus ada sedikit paksaan hehehe…

Hari ini Kela BJOP1 tahap 2 memasuki hari kedua. Baru akan memulai membuat pola dasar. Semoga juga diberi kelancaran seperti kelas yang sebelumnya. Amiin…

BJOP2 : Belajar Menjahit Kemeja Pria Untuk Pemula

Standar

Belajar Jahit Online Pemula bagian 2 (BJOP2) ini merupakan request dari alumni BJOP1. Mereka menginginkan adanya kelas lanjutan dengan bahasan topik yang berbeda. Akhirnya pada BJOP2 ini saya putuskan untuk membahas tentang menjahit kemeja pria untuk pemula. Karena sepertinya banyak yang ingin tahu soal ini.

Berikut ini materi yang akan dipelajari dalam BJOP2

image

Syarat peserta :
1. Dapat mengoperasikan mesin jahit apabila ingin menjahit dengan tangan diharapkan konsisten untuk menyelesaikan sampai akhir.
2. Memiliki aplikasi WhatsApp.
3. Menaati semua aturan selama belajar.
4. Bersedia menyiapkan bahan dan alat yang diperlukan serta konsisten mengerjakan tugas yang diberikan.
5. Melakukan pendaftaran melalui WA ke nomer 0822-5723-2695 dengan menyertakan bukti transfer.

Biaya pendaftaran sebesar Rp 50.000 sampai selesai. Prediksi pelaksanaan selama 5 hari dan akan ada penambahan hari apabila selama itu belum selesai belajar.

Waktu pelaksanaan insyaallah di awal bulan Juni 2016. Secara detail akan dijelaskan kemudian.

Sedangkan proses pelaksanaannya kurang lebih sama dengan BJOP1. Sebagai gambaran dapat dibaca disini.

Batas akhir pendaftaran sampai dengan 31 Mei 2016.  Kuota dibatasi yaa… terimakasih ๐Ÿ˜‰

BJOP1 kembali digelar

Standar

Apa itu BJOP1 ? BJOP adalah nama ciptaan saya untuk menamai program kelas jahit Online yang berlangsung beberapa waktu yang lalu. BJOP1 singkatan dari Belajar Jahit Online Pemula bagian satu. Alhamdulillah pelaksanaan BJOP1 pada kelas perdana kemarin berjalan cukup lancar dan insyaallah akan ada BJOP2 dengan bahasan yang berbeda ๐Ÿ˜‰

Karena ada beberapa permintaan, maka BJOP1 akan dibuka kembali untuk kelas baru dengan peserta yang baru pula tentunya.
image

Prosedur pelaksanaan dan syarat peserta yang ingin ikut tak jauh berbeda denhan BJOP1 tahap satu yang telah lalu. Silakan baca dan pelajari dulu disini

Untuk BJOP1 insyaallah akan dilaksanakan pada hari Rabu, tanggal 25 Mei 2015. Tentu pendaftarannya ditutup sebelum hari itu ya…
Apabila sudah yakin dan benar-benar berminat untuk ikutan. Silakan kabari saya melalui pesan WA ke nomer 0822-5723-2695. Biaya pendaftaran juga masih sama dengan BJOP1 tahap 1 hanya Rp 50000 untuk berhari hari. Mohon maaf, jumlah peserta dibatasi jadi cepet-cepetan aja deh ๐Ÿ˜‰

Kemudian , untuk yang penasaran mau liat bagaimana BJOP1 tahap 1 yang telah berlangsung beberapa waktu yang lalu bisa dibaca disini . Kurang lebih seperti itu kami belajarny. Sekali lagi saya ingatkan bahwa kelas saya ini hanya untuk yang benar-benar ingin ‘melakukan’ ya, bukan untuk yang hanya sekedar ‘menyimak’ saja. Kalo hanya ingin beguty banyak kok diluaran sana dibahas tutorial gratisan yang siap disimak.

Cukup sekian yaa… terimakasih ๐Ÿ˜€

Tentang Belajar Jahit Online Untuk Pemula

Standar

Assalamualaikum… ๐Ÿ™‚

Dipostingan saya kali ini saya ingin bercerita tentang kelas belajar jahit online untuk pemula yg baru-baru ini sedang saya adakan. Ide bikin kelas ini terinspirasi dari teman-teman penjahit dari malaysia. Mereka sering mengadakan kursus singkat menjahit lewat aplikasi whatsapp.

Dan akhirnya saya pun penasaran hehehe… Sebenernya pengen langsung bertanya atau ikut langsung di salah satu kelas yang mereka adakan. Tapi saya kurang berani melakukannya. Faktor perbedaan bahasa salah satunya.

Penasarananya makin memuncak ketika beberapa teman di dunia maya ingin saya melakukan hal yang sama. Weleh… Padahal saya juga bingung harus mulai dari mana 😁. Perlu perenungan, bertapa dan mikir panjang untuk bikin proyek ini. Mulai dari mikirin materi, proses pelaksanaan, bahan ajar. Dll.

Akhirnya, antara nekad dan setengah gak PD kebentuklah kelas belajar saya. Dikelas ini materinya khusus pemula. Pemula yang benar-benar pemula. Materinya mulai dari cara ukur badan, bikin pola dasar, rubah pola, rancang bahan, cara peletakan pola di kain gunting kain, dan cara jahit.
Proyek jahitnya juga masih sederhana, hanya membuat blus. Karena selain pilih yang gampang untuk pemula, yang terpenting adalah hasil jahit digunakan sebagai tester apakah pola yang sudah dibuat sdh benar. Kalo lamanya pelaksanaan kelas sih suka-suka, sampai selesai. Untuk angkatan pertama bahkan sdh akan memasuki hari ke 9. Padahal rencananya akan dilaksanakan hanya 7 hari.

Sampailah pada hari pelaksanaan. Yang paling degdegkan adalah ketika menyampaikan materi pembuatan pola. Karena materi sebelumnya pengukuran badan alhamdulillah berjalan lancar.

Sebenarnya cara pembuatan pola dasar sudah banyak beredar dimana-mana. Di buku-buku menjahit, di website, di grup menjahit, ataupun yang lainnya. Tapi sebagai pemula mungkin tidak hanya cukup hanya dengan memandangi pola beserta keterangannya. Butuh suatu proses lagi untuk mengerti nya. Oleh sebab itu akhirnya saya buat tutorial ala-ala saya. Bahasan pembuatan polanya benar- step by step dari awal penentuan titik, pembuatan garis dibahas satu persatu. Saya menyebutnya tutorial anti galau, hehehe… Karena insyaallah semua akan bisa membuat pola hanya dengan mengikuti urutan tutorial yang saya sampaikan.

Dan… Alhamdulillah, setelah melihat hasil pola buatan teman-teman. Sebagian besar sudah bisa membuat pola sendiri. Hanya sebagian kecil yang membutuhkan revisi. Rata-rata kesalahan hanya karena salah menghitung. Wajar, namanya juga pemula. Saya kebetulan meminta teman-teman mengirimkan foto hasil buatan mereka.

image

image

Kelas belajar jahit ini memang wewajibkan peserta yang ikut untuk mengumpulkan tugas belajar nya untuk kemudian saya koreksi. Dari awal ngukur sampai gunting bahan.Untuk ukuran yang sekiranya ada yang agak janggal saya minta kembali untuk perbaiki. Dan untuk pola dan yang lainnya, biasanya saya kasih arahan dan dicoret coret.

image

Kebayangkan ya..? Yang ikutan ada 24 orang. Dan saya harus koreksi satu-satu. Kadang sampai dinihari. Malah suka kelupaan membalas chat teman-teman di jam 3 pagi hehehe… Maaf ya, itu semua karena saking semangatnya kegirangan melihat teman-teman yang mau belajar juga semangat mengerjakan tugas dari saya. Malah kadang saya juga terharu melihat hasil kerjaan yang rapinya minta ampun.

image

Saya loh… Dulu jaman kuliahan tata busana gak pernah nyatet serapih itu.
Ada pula yang niat banget ngumpulin tugasnya sampai diketik segala begini. Terharu…

image

Ada pula kemarin katanya yang ngeprint semua gambar yang saya kirimkan kemudian menempelnya dibuku catatan. Luar biasa… Terima kasih banyak ya teman-teman. Benar-benar saya berterimakasih. Saya tidak membayangkan kalau antusiasnya sampai bikin saya kadang merinding. Hal itu semakin membuat saya untuk membuat kelas ini semakin baik, dan mengurusnya secara serius. Menelaah segala kekurangan agar kedepan bisa lebih optimal melayani teman-teman yang ingin belajar.

Hasil praktik teman-teman BJOP1 angkatan pertama sudah saya update disini menurut saya hasilnya lumayan, apalagi mereka pemula sekali. Tidak seperti waktu saya belajar jahit pertama kali dulu kala. Hasilnya ancuuurrr 😂

Oke, segitu dulu curhatan saya soal kelas menjahit via aplikasi whatsaap ini. Nanti saya update lagi ceritanya. Terimakasih…
Untuk kelas selanjutnya bisa cek infonya disini ๐Ÿ˜‰

Wassalamualaikum..